Tips penerapan strategi pemasaran online terkini
Selain memilih strategi yang tepat, jangan lupa juga melakukan pemasaran online dengan cara yang tepat sejak awal. Hal ini akan memungkinkan Anda mendapatkan hasil yang maksimal dari aktivitas tersebut.
Simak beberapa tips berikut ini, yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan penerapan strategi pemasaran online:
1. Pilih nama yang tepat dan mudah dikenal
Jika ingin melakukan branding dengan tepat, maka harus memilih nama yang tepat untuk bisnis tersebut. Nama ini haruslah mudah diucapkan dan diingat, namun tidak mirip dengan nama bisnis kompetitor. Hal ini akan membuat orang-orang lebih mudah familiar dan menemukannya di pasaran.
2. Tampilkan foto produk yang tepat dan berkualitas baik
Tampilan produk secara online akan menjadi poin penting, terutama ketika melakukan aktivitas promosi. Pastikan selalu menggunakan foto produk yang berkualitas baik dan tepat, sehingga menarik bagi para pelanggan.
Anda bisa mendapatkan foto seperti ini dengan mengandalkan kamera yang beresolusi baik dan teknik pemotretan yang juga baik.
3. Buat akun media sosial dan situs bisnis
Jangan lupa untuk membuat akun media sosial khusus untuk bisnis, baik itu akun Facebook maupun yang lainnya. Melalui akun ini Anda bisa berkomunikasi dan sekaligus mempromosikan produk dengan lebih mudah kepada pelanggan.
Selain itu, Anda juga perlu membangun website bisnis secara profesional, dimana berbagai aktivitas bisnis bisa dilakukan secara online.
4. Lakukan promosi yang tepat
Selain aktivitas promosi reguler, Anda juga bisa membuat promosi berkala atau momen tertentu untuk bisnis online. Hal ini bisa dilakukan dengan memberi program diskon maupun penawaran menarik lainnya. Lakukan promo seperti ini dalam porsi yang tepat, agar bisnis online tetap berjalan lancar dan menguntungkan.
Pasarkan Bisnis Online dengan Tepat
Melakukan pemasaran online merupakan salah satu cara terbaik untuk memaksimalkan bisnis. dapat memulai hal ini dengan memilih strategi yang tepat terlebih dahulu, tentunya yang sesuai dengan bisnis tersebut. Terapkan strategi pemasaran dengan tepat, sehingga bisa mendapatkan hasil yang maksimal dari penjualan bisnis tersebut.
Cara Jitu agar Blog Muncul di Google Halaman Pertama
Mesin pencari seperti Google dianggap sebagai kotak hitam yang mengeluarkan peringkat pencarian untuk web dan blog berdasarkan kalkulasi rahasia dan misterius. Beberapa menggunakan jasa ahli SEO untuk mengakali Google agar web mereka ada di peringkat tinggi Google. Tak perlu khawatir, kamu juga bisa kok melakukan cara agar blog muncul di Google paling atas atau berada di halaman pertama hasil pencarian.
Google sebagai mesin pencari bertujuan untuk memastikan selalu memberi hasil pencarian yang relevan, menarik, dan juga tepat waktu. Dalam beberapa tahun terakhir, Google memperhatikan elemen kecepatan web dan segi konten yang unik dari situs. Sudah tak sabar ingin tahu cara agar website dan blog muncul di pencarian Google? Yuk simak di bawah ini!
1. Membuat Konten yang Unik secara Rutin
Cara pertama agar blog atau website kamu muncul di Google halaman paling atas adalah mengisinya dengan konten yang unik dan menarik. Google menyukai konten yang sangat unik. Peningkatan kualitas konten telah menjadi alat marketing selama lebih dari beberapa tahun ini. Semua orang menggunakan internet untuk mencari informasi, itu sebabnya Google memberikan nilai tinggi pada website dengan konten yang unik dan relevan dengan pencarian.
Cara terbaik untuk mendorong orang membuat tautan ke web kamu adalah dengan secara konsisten menyediakan konten baru dan bermanfaat. Menciptakan konten yang relevan dan bermanfaat seperti menulis tentang produk atau industri bisnis kamu dan informasi market terbaru dengan kata kunci yang bermanfaat untuk konten akan membuat website memiliki nilai plus.
Postingan konten berkualitas yang teratur jadi metode yang dianjurkan untuk mendapat lebih banyak traffic ke web. Idealnya kamu perlu posting setidaknya 2 artikel baru per minggu, lebih banyak akan lebih baik, karena Google menyukai web dengan materi yang sering update yang mengandung konten unik dan relevan. Dan bila website kamu menawarkan konten yang bagus, web lain akan secara alami ingin membuat link ke web. Ketika memposting artikel, jangan lupa untuk menerapkan beberapa prinsip frase, kata kunci, tag judul, dan meta deskripsi dari artikel.
Menciptakan konten yang bagus dan banyak dibagikan, seperti video, postingan blog, dan ebook juga memiliki sisi keuntungan yang besar. Keuntungannya adalah orang akan memberi tautan ke web atau blog kamu dan Google melakukan kalkulasi pencarian ketika semakin banyak backlink dibuat ke blog dan website kamu dari situs lain.
2. Optimasi SEO Off Page dan Backlink
Para ahli SEO umumnya sepakat kalau link off page membangun teknik yang berkontribusi sekitar 80 persen dalam efektifitas kampanye SEO. Optimasi SEO off page jadi aktivitas penting untuk membantu web kita berada di peringkat yang baik dalam mesin pencari, dan kunci untuk meakukan ini adalah dengan backlink.
Backlink adalah link yang kamu gunakan untuk membawa pembaca ke halaman lain. Backlink sangat penting karena pada dasarnya berlaku seperti voting untuk halaman website kamu dan memberitahu mesin pencari kalau web lain menyukai informsi di halaman kamu.
Semakin banyak web yang memiliki link atau voting ke website kamu, akan semakin tinggi peringkat web. Meski begitu, tidak semua voting berlaku sama, karena link dari homepage website besar seperti amazon.com atau facebook.com akan lebih besar nilainya dibanding website yang kurang dikenal.
3. Analisa Kompetitor dan Link Building
Cara selanjutnya agar blog muncul di Google halaman pertama yakni melakukan metode link building dan analisa kompetitor. Link building adalah aktivitas untuk mendapatkan link dari website lain yang menuju ke website kamu. Link jenis ini bisa menjadi faktor penentu utama dalam SEO.
Untuk dapat bersaing pada ranking Google, kamu harus mendapatkan backlink dari situs yang relevan, kredibel, serta memiliki traffic yang stabil. Dengan begitu, Google akan mengkategorikan link tersebut sebagai backlink yang berkualitas.
Bila kamu merasa tidak bisa mendapat banyak link dari situs besar, masih ada cara mudah membangun link yang bisa dicoba. Mulailah dengan kampanye link building dengan analisa persaingan. Pada dasarnya, satu kunci prinsip membangun link adalah menyamakan posisi dan melampaui kompetitor. Ini berarti bila kamu menyesuaikan link building yang kompetitor miliki dan menemukan beberapa cara lain untuk mendapat link tambahan yang mereka tidak miliki, kamu bisa dengan mudah melampaui mereka dalam peringkat di hasil pencarian.
4. Melakukan Guest Blogging
Cara lain untuk menampilkan blog di Google adalah melakukan link building campaign, yakni melalui guest blogging. Ide besar dibalik guest blogging adalah untuk mendapat link pada web yang di posting menuju ke web atau blog kita yang sudah terbit. Link ini cenderung bernilai lebih bagi Google karena lebih sulit diperoleh. Beberapa situs memiliki persyaratan lebih sulit untuk jenis artikel yang mereka terima, jadi link dari situs ini memiliki nilai lebih besar.
Metode lain yang populer dan cukup berhasil adalah menghubungi blogger atau webmaster di niche kamu dan minta link dari mereka atau menjadi guest blogger untuk mendapat kesempatan memiliki link posting tamu blog menuju kembali ke situsmu. Membangun hubungan dengan reviewers, penulis, atau berbagai pihak yang mengoperasikan web di area niche kamu, baik melalui social networking atau message board juga jadi cara positif membangun jaringan yang kemungkinan akan memberi referensi web kamu di konten mereka.
5. Gunakan Heading pada Artikel
Heading adalah komponen penting yang harus digunakan dalam artikel postingan blog. Penggunaan heading H1, H2, H3 , dan seterusnya akan membantu Google untuk mengidentifikasi isi konten artikel blog.
Dalam prakteknya, kamu bisa mengatur penggunaan header pada artikel. Gunakan H1 untuk judul utama, H2 untuk sub-judul, dan H3 untuk sub-sub judulnya. Struktur penulisan artikel blog seperti ini akan sangat membantu pembaca untuk menemukan poin-poin penting yang ingin mereka temukan dalam artikel.
6. Masukkan Keyword pada Judul
Judul adalah komponen penting untuk menampilkan halaman website di hasil pencarian. Judul memberitahu pengguna informasi tentang halaman kamu. Google hanya menampilkan 50 sampai 60 karakter dalam tag judul, karenanya penting untuk memberi penjelasan yang singkat tapi jelas dan relevan.
Penempatan keyword menjadi satu taktik penting dalam SEO. Penting untuk mempertimbangkan bagaimana seseorang akan mencari informasi pelayanan atau produk yang spesifik yang kamu tawarkan. Pastikan juga kamu tidak menambahkan jumlah keyword berlebihan, terutama bila tidak berhubungan karena ini bisa membuat situs dianggap sebagai spam. Mesin pencari diprogram untuk mengabaikan keyword yang berlebihan.
7. Gunakan Alt Text dan Site Map
Tiap gambar dan video yang ada di situs perlu memiliki deskripsi, yakni berupa alt text. Alternative text berisi deskripsi yang membuat mesin pencari menempatkan halaman berdasarkan keyword yang ditemukan pada gambar dan deskripsi video Ini tentunya akan meningkatkan kesempatan situs kamu untuk ditemukan, yang nantinya akan meningkatkan peringkat halaman.
Sementara itu, sitemap membuat mesin pencari menempatkan halaman kamu dengan cepat dan dengan pencarian yang lebih relevan. Dengan sitemap, tiap halaman lebih mudah ditemukan baik oleh mesin pencari maupun user.
8. Buat Website yang Mobile-Friendly
Hampir 40 persen traffic berasal dari mobile sejak tahun 2015. Hingga kini, angka tersebut terus meningkat mengingat pengguna seluler pintar semakin banyak. Website yang mudah diakses pada alat mobile akan memiliki peringkat lebih tinggi di mesin pencari Google. Google berusaha memberi pengalaman terbaik bagi pengguna layanannya, jadi semakin baik pengalaman pengguna di situs kamu, akan lebih baik peringkat di Google.
Untuk itu, penting membuat website kamu memiliki desain yang responsif dan mobile-friendly. Artinya, desain website kamu harus dapat menyesuaikan dengan layar perangkat apapun, entah itu mobile, tablet atau PC. Kamu bisa memilih tema-tema website yang responsif di artikel 50 Tema WordPress Gratis Terbaik untuk Websitemu.
9. Perhatikan Struktur Url
Tahukah kamu, URL jadi hal pertama yang mesin pencari gunakan untuk menentukan peringkat halaman? serta ini penting untuk membuatnya mudah dicari. Ini bisa dilakukan dengan menggunakan URL pendek, membuatnya relevan dengan topik dan keyword halaman dan memastikan URL membantu mengkategorikan halaman situs.
10. Manfaatkan Testimoni
Manfaatkan testimoni supplier, partner bisnis, atau kepada siapapun yang bisa kamu beri testimoni, karena ini jadi cara bagus untuk mendapat backlink gratis dari web yang bagus. Jangan lupa menyertakan keyword di testimoni dan hyperlink kembali ke halaman web yang sesuai dari website kamu.
Jadikan network sebagai sumber untuk membangun lebih banyak link. Kontak bisnis, supplier, distributor, anggota keluarga, dan teman memiliki potensi memberi situs kamu backlink. Semakin tinggi peringkat halaman atau relevansi web yang bisa kamu mintai link, akan lebih baik. Bila kamu bisa mendapat link yang kuat dan bernilai dari web seperti edu.com, ini akan sangat bermanfaat untuk SEO website.
11. Manfaatkan Fitur Pelacakan
Menggunakan fitur pelacakan seperti Google Search Console, Analytics, dan sebagainya penting untuk mengetahui performa tiap halaman website atau blog. Google Search Console memudahkan kamu untuk mengelola blog, sehingga kamu dapat melihat performa website di interface utama Google Search Console. Performa ditunjukkan dalam bentuk grafik, yang memperlihatkan pembagian traffic dari hasil pencarian dan discover.
Search console memudahkanmu meminta langsung kepada pencari google untuk melakukan pengindeksan, dengan cara mengirimkan url postingan blog. Tidak hanya itu, search console membantu memantau performa blog di pencarian google, contohnya kata kunci apa saja yang mendatangkan banyak pengunjung ke blog, hingga postingan mana saja yang sudah dan belum terindeks.
Sudah Tahu Cara agar Blog Muncul di Google?
Google terus membuat perubahan tentang cara mesin pencari menganalisa dan memberi peringkat website dan page. Tapi ada cara yang terbukti bisa membantu Anda mendapat peringkat lebih tinggi dan untuk waktu lama. Yang lebih penting dari semuanya adalah menghasilkan konten berkualitas yang konsiten agar menjadi peringkat atas di mesin pencari.
Ada lebih banyak taktik agar peringkat posting lebih tinggi di mesin pencari Google yang bisa membantu Anda berkompetisi dan mengalahkan kompetitor di hasil peringkat mesin pencari. Yang disebutkan di atas adalah strategi dasar awal yang membantu Anda membangun pondasi yang kuat dan mulai melakukan SEO, yang membantu Anda meningkatkan traffic web dan hasil peringkat mesin pencari.
Jika Anda ingin tahu lebih banyak lagi tentang SEO, Anda bisa membaca artikel kami tentang bagimana menggunakan strategi SEO untuk mempromosikan blog agar masuk halaman pertama Google.
Tags : artikel bisnis digital marketing Tips penerapan strategi pemasaran online terkini
Admin
EO Outbound
Temukan Ilmu Program Pemasaran Digital KNP Dapatkan semua keterampilan pemasaran digital yang Anda butuhkan untuk mempercepat karier dan mengubah bisnis Anda.
- Admin
- Cimahi Mall
- knp-production@gmail.com
Posting Komentar