6 Nov 2021

Marketing Tools SEO 2021

 


Cara Jitu agar Blog Muncul di Google Halaman Pertama


Mesin pencari seperti Google dianggap sebagai kotak hitam yang mengeluarkan peringkat pencarian untuk web dan blog berdasarkan kalkulasi rahasia dan misterius. Beberapa menggunakan jasa ahli SEO untuk mengakali Google agar web mereka ada di peringkat tinggi Google. Tak perlu khawatir, kamu juga bisa kok melakukan cara agar blog muncul di Google paling atas atau berada di halaman pertama hasil pencarian.

Google sebagai mesin pencari bertujuan untuk memastikan selalu memberi hasil pencarian yang relevan, menarik, dan juga tepat waktu. Dalam beberapa tahun terakhir, Google memperhatikan elemen kecepatan web dan segi konten yang unik dari situs. Sudah tak sabar ingin tahu cara agar website dan blog muncul di pencarian Google? Yuk simak di bawah ini!

1. Membuat Konten yang Unik secara Rutin

Cara pertama agar blog atau website kamu muncul di Google halaman paling atas adalah mengisinya dengan konten yang unik dan menarik. Google menyukai konten yang sangat unik. Peningkatan kualitas konten telah menjadi alat marketing selama lebih dari beberapa tahun ini. Semua orang menggunakan internet untuk mencari informasi, itu sebabnya Google memberikan nilai tinggi pada website dengan konten yang unik dan relevan dengan pencarian.

Cara terbaik untuk mendorong orang membuat tautan ke web kamu adalah dengan secara konsisten menyediakan konten baru dan bermanfaat. Menciptakan konten yang relevan dan bermanfaat seperti menulis tentang produk atau industri bisnis kamu dan informasi market terbaru dengan kata kunci yang bermanfaat untuk konten akan membuat website memiliki nilai plus.

Postingan konten berkualitas yang teratur jadi metode yang dianjurkan untuk mendapat lebih banyak traffic ke web. Idealnya kamu perlu posting setidaknya 2 artikel baru per minggu, lebih banyak akan lebih baik, karena Google menyukai web dengan materi yang sering update yang mengandung konten unik dan relevan. Dan bila website kamu menawarkan konten yang bagus, web lain akan secara alami ingin membuat link ke web. Ketika memposting artikel, jangan lupa untuk menerapkan beberapa prinsip frase, kata kunci, tag judul, dan meta deskripsi dari artikel.

Menciptakan konten yang bagus dan banyak dibagikan, seperti video, postingan blog, dan ebook juga memiliki sisi keuntungan yang besar. Keuntungannya adalah orang akan memberi tautan ke web atau blog kamu dan Google melakukan kalkulasi pencarian ketika semakin banyak backlink dibuat ke blog dan website kamu dari situs lain.

2. Optimasi SEO Off Page dan Backlink

Para ahli SEO umumnya sepakat kalau link off page membangun teknik yang berkontribusi sekitar 80 persen dalam efektifitas kampanye SEO. Optimasi SEO off page jadi aktivitas penting untuk membantu web kita berada di peringkat yang baik dalam mesin pencari, dan kunci untuk meakukan ini adalah dengan backlink.

Backlink adalah link yang kamu gunakan untuk membawa pembaca ke halaman lain. Backlink sangat penting karena pada dasarnya berlaku seperti voting untuk halaman website kamu dan memberitahu mesin pencari kalau web lain menyukai informsi di halaman kamu.

Semakin banyak web yang memiliki link atau voting ke website kamu, akan semakin tinggi peringkat web. Meski begitu, tidak semua voting berlaku sama, karena link dari homepage website besar seperti amazon.com atau facebook.com akan lebih besar nilainya dibanding website yang kurang dikenal.

3. Analisa Kompetitor dan Link Building

Cara selanjutnya agar blog muncul di Google halaman pertama yakni melakukan metode link building dan analisa kompetitor. Link building adalah aktivitas untuk mendapatkan link dari website lain yang menuju ke website kamu. Link jenis ini bisa menjadi faktor penentu utama dalam SEO.

Untuk dapat bersaing pada ranking Google, kamu harus mendapatkan backlink dari situs yang relevan, kredibel, serta memiliki traffic yang stabil. Dengan begitu, Google akan mengkategorikan link tersebut sebagai backlink yang berkualitas.

Bila kamu merasa tidak bisa mendapat banyak link dari situs besar, masih ada cara mudah membangun link yang bisa dicoba. Mulailah dengan kampanye link building dengan analisa persaingan. Pada dasarnya, satu kunci prinsip membangun link adalah menyamakan posisi dan melampaui kompetitor. Ini berarti bila kamu menyesuaikan link building yang kompetitor miliki dan menemukan beberapa cara lain untuk mendapat link tambahan yang mereka tidak miliki, kamu bisa dengan mudah melampaui mereka dalam peringkat di hasil pencarian.

4. Melakukan Guest Blogging

Cara lain untuk menampilkan blog di Google adalah melakukan link building campaign, yakni melalui guest blogging. Ide besar dibalik guest blogging adalah untuk mendapat link pada web yang di posting menuju ke web atau blog kita yang sudah terbit. Link ini cenderung bernilai lebih bagi Google karena lebih sulit diperoleh. Beberapa situs memiliki persyaratan lebih sulit untuk jenis artikel yang mereka terima, jadi link dari situs ini memiliki nilai lebih besar.

Metode lain yang populer dan cukup berhasil adalah menghubungi blogger atau webmaster di niche kamu dan minta link dari mereka atau menjadi guest blogger untuk mendapat kesempatan memiliki link posting tamu blog menuju kembali ke situsmu. Membangun hubungan dengan reviewers, penulis, atau berbagai pihak yang mengoperasikan web di area niche kamu, baik melalui social networking atau message board juga jadi cara positif membangun jaringan yang kemungkinan akan memberi referensi web kamu di konten mereka.

5. Gunakan Heading pada Artikel

Heading adalah komponen penting yang harus digunakan dalam artikel postingan blog. Penggunaan heading H1, H2, H3 , dan seterusnya akan membantu Google untuk mengidentifikasi isi konten artikel blog.

Dalam prakteknya, kamu bisa mengatur penggunaan header pada artikel. Gunakan H1 untuk judul utama, H2 untuk sub-judul, dan H3 untuk sub-sub judulnya. Struktur penulisan artikel blog seperti ini akan sangat membantu pembaca untuk menemukan poin-poin penting yang ingin mereka temukan dalam artikel.

6. Masukkan Keyword pada Judul

Judul adalah komponen penting untuk menampilkan halaman website di hasil pencarian. Judul memberitahu pengguna informasi tentang halaman kamu. Google hanya menampilkan 50 sampai 60 karakter dalam tag judul, karenanya penting untuk memberi penjelasan yang singkat tapi jelas dan relevan.

Penempatan keyword menjadi satu taktik penting dalam SEO. Penting untuk mempertimbangkan bagaimana seseorang akan mencari informasi pelayanan atau produk yang spesifik yang kamu tawarkan. Pastikan juga kamu tidak menambahkan jumlah keyword berlebihan, terutama bila tidak berhubungan karena ini bisa membuat situs dianggap sebagai spam. Mesin pencari diprogram untuk mengabaikan keyword yang berlebihan.

7. Gunakan Alt Text dan Site Map

Tiap gambar dan video yang ada di situs perlu memiliki deskripsi, yakni berupa alt text. Alternative text berisi deskripsi yang membuat mesin pencari menempatkan halaman berdasarkan keyword yang ditemukan pada gambar dan deskripsi video Ini tentunya akan meningkatkan kesempatan situs kamu untuk ditemukan, yang nantinya akan meningkatkan peringkat halaman.

Sementara itu, sitemap membuat mesin pencari menempatkan halaman kamu dengan cepat dan dengan pencarian yang lebih relevan. Dengan sitemap, tiap halaman lebih mudah ditemukan baik oleh mesin pencari maupun user.

8. Buat Website yang Mobile-Friendly 

Hampir 40 persen traffic berasal dari mobile sejak tahun 2015. Hingga kini, angka tersebut terus meningkat mengingat pengguna seluler pintar semakin banyak. Website yang mudah diakses pada alat mobile akan memiliki peringkat lebih tinggi di mesin pencari Google. Google berusaha memberi pengalaman terbaik bagi pengguna layanannya, jadi semakin baik pengalaman pengguna di situs kamu, akan lebih baik peringkat di Google.

Untuk itu, penting membuat website kamu memiliki desain yang responsif dan mobile-friendly. Artinya, desain website kamu harus dapat menyesuaikan dengan layar perangkat apapun, entah itu mobile, tablet atau PC. Kamu bisa memilih tema-tema website yang responsif di artikel 50 Tema WordPress Gratis Terbaik untuk Websitemu.

9. Perhatikan Struktur Url

Tahukah kamu, URL jadi hal pertama yang mesin pencari gunakan untuk menentukan peringkat halaman? serta ini penting untuk membuatnya mudah dicari. Ini bisa dilakukan dengan menggunakan URL pendek, membuatnya relevan dengan topik dan keyword halaman dan memastikan URL membantu mengkategorikan halaman situs.

10. Manfaatkan Testimoni 

Manfaatkan testimoni supplier, partner bisnis, atau kepada siapapun yang bisa kamu beri testimoni, karena ini jadi cara bagus  untuk mendapat backlink gratis dari web yang bagus. Jangan lupa menyertakan keyword di testimoni dan hyperlink kembali ke halaman web yang sesuai dari website kamu.

Jadikan network sebagai sumber untuk membangun lebih banyak link. Kontak bisnis, supplier, distributor, anggota keluarga, dan teman memiliki potensi memberi situs kamu backlink. Semakin tinggi peringkat halaman atau relevansi web yang bisa kamu mintai link, akan lebih baik. Bila kamu bisa mendapat link yang kuat dan bernilai dari web seperti edu.com, ini akan sangat bermanfaat untuk SEO website.

11. Manfaatkan Fitur Pelacakan

Menggunakan fitur pelacakan seperti Google Search Console, Analytics, dan sebagainya penting untuk mengetahui performa tiap halaman website atau blog. Google Search Console memudahkan kamu untuk mengelola blog, sehingga kamu dapat melihat performa website di interface utama Google Search Console. Performa ditunjukkan dalam bentuk grafik, yang  memperlihatkan pembagian traffic dari hasil pencarian dan discover.

Search console memudahkanmu meminta langsung kepada pencari google untuk melakukan pengindeksan, dengan cara mengirimkan url postingan blog. Tidak hanya itu, search console membantu memantau performa blog di pencarian google, contohnya kata kunci apa saja yang mendatangkan banyak pengunjung ke blog, hingga postingan mana saja yang sudah dan belum terindeks.

Sudah Tahu Cara agar Blog Muncul di Google?

Google terus membuat perubahan tentang cara mesin pencari menganalisa dan memberi peringkat website dan page. Tapi ada cara yang terbukti bisa membantu Anda mendapat peringkat lebih tinggi dan untuk waktu lama. Yang lebih penting dari semuanya adalah menghasilkan konten berkualitas yang konsiten agar menjadi peringkat atas di mesin pencari.

Ada lebih banyak taktik agar peringkat posting lebih tinggi di mesin pencari Google yang bisa membantu Anda berkompetisi dan mengalahkan kompetitor di hasil peringkat mesin pencari. Yang disebutkan di atas adalah strategi dasar awal yang membantu Anda membangun pondasi yang kuat dan mulai melakukan SEO, yang membantu Anda meningkatkan traffic web dan hasil peringkat mesin pencari.

Jika Anda ingin tahu lebih banyak lagi tentang SEO, Anda bisa membaca artikel kami tentang bagimana menggunakan strategi SEO untuk mempromosikan blog agar masuk halaman pertama Google.


7 SEO Tools Terbaik dan Terakurat Untuk Digital Marketing


Dalam pemasaran digital, peran SEO sangatlah penting. SEO adalah singkatan dari search engine optimization atau pengoptimalan mesin telusur. Pemilik brand perlu menggunakan SEO tools untuk membuat brand tersebut berada di pencarian teratas pada search google.

SEO tools adalah plugin atau alat yang mampu mencari keyword yang tepat sesuai brand dan target audience yang diinginkan. Dengan alat ini, kamu dapat melihat apa yang berhasil dan bagian mana dari strategi yang dapat memanfaatkan keyword.

Walau secara logika kamu bisa saja menebak-nebak keyword yang tepat untuk konten, tapi tools SEO bisa saja mengarahkan keyword yang berbeda bahkan lebih tepat. SEO tools penyelamat dari penelitian keyword dan analisis data manual.

SEO tools terbaik juga memberikan laporan tentang bagaimana mengukur pesaing dan di mana letak peluang terbesar. Terlebih lagi, mereka memungkinkan kamu untuk mengukur kinerja pencaharian negara, wilayah, atau bahasa.

Nah berikut SEO tools terbaik dan terakurat yang dapat kamu manfaatkan :

1. Google search console

Pertama, google search console. Tools SEO terpopuler ini ditawarkan secara gratis untuk semua orang yang memiliki situs web. Sebagai alat pemeriksa SEO, search console dapat membantumu memahami bagaimana google dan penggunanya melihat situs web kamu dan memungkinkan kamu untuk mengoptimalkan kinerja yang lebih baik dalam hasil pencarian google. Untuk menggunakan google search console kamu hanya perlu memverifikasi situs web kamu dengan menambahkan kode ke situs web kamu atau melalui google analytics dan kamu dapat mengirimkan link situs kamu untuk diindeks. 

2. Google trends

 Selanjutnya google trends, tidak hanya memberi kamu informasi tentang keyword tetapi juga menawarkan wawasan yang bagus tentang tren seputar topik, yang dapat sangat berharga di setiap tahap pertumbuhan bisnis. Telusuri keyword di negara manapun dan dapatkan informasi di sekitarnya seperti kueri teratas, kueri naik daun, minat seiring waktu, dan lokasi geografis bergantung pada minat.

3. Ahrefs

Ahrefs adalah salah satu alat SEO online yang paling direkomendasikan. Alat ini mampu memberi informasi bagian mana dari situs web kamu yang perlu ditingkatkan agar peringkatnya lebih baik di mesin pencari. Kamu juga dapat menggunakan alat SEO ini untuk menemukan konten yang paling banyak ditautkan ke dalam target pasar mu, memeriksa dan memperbaiki tautan yang rusak di situs web kamu, dan mendapatkan gambaran umum tentang halaman berkinerja terbaik kamu.

Tapi sayang untuk brand yang baru merintis mungkin ahrefs bukan pilihan yang tepat. Platform analisis SEO dan web ini mematok harga yang cukup tinggi. Untuk fitur termurah saja, kamu perlu merogoh $99 atau sekitar rp1,5 juta per bulan. Untuk fitur termahal, tinggal kalikan sepuluh atau hampir Rp15 juta/ bulan. Tapi bagi kamu yang memberi pelayanan powerfull kepada perusahaan, tools SEO ahrefs bisa kamu ajukan.

4. Semrush

Alat SEO pemasaran seperti semrush cenderung menjadi favorit penggemar di komunitas SEO. Para ahli senang bahwa mereka memungkinkan kamu dengan mudah menilai peringkat kamu serta mengidentifikasi perubahan dan peluang peringkat baru. Salah satu fitur paling populer dari alat SEO ini adalah analisis domain vs domain, yang memungkinkan kamu membandingkan situs web kamu dengan pesaing dengan mudah.

Jika kamu mencari laporan analitik untuk membantu kamu lebih memahami data pencarian situs web kamu, lalu lintas, atau bahkan pesaing, kamu akan dapat membandingkan keyword dan domain. Alat pemeriksa SEO on-page memungkinkan kamu memantau peringkat dengan mudah dan menemukan beberapa rekomendasi tentang cara meningkatkan kinerja situs web kamu.

5. MOZ pro

Perangkat lunak SEO MOZ pro terus bermunculan sebagai salah satu SEO tools terbaik yang benar-benar digunakan para ahli. Beberapa pakar mengungkap tentang bagaimana MOZ selalu mutakhir meskipun algoritma reguler google berubah. Kamu bisa mendapatkan wawasan yang bagus tentang kinerja situs web kamu, tetapi juga cara meningkatkannya. MOZ juga memiliki tools gratis MozBar yang dapat kamu unduh untuk melihat metrik situs web kamu saat menjelajahi halaman mana pun.

6. Ubersuggest

Ubersuggest , yang dikembangkan oleh neil patel, adalah alat pencari yang membantu kamu mengidentifikasi keyword dan juga maksud pencarian di belakangnya dengan menampilkan serp peringkat teratas dari frasa pendek hingga panjang, kamu dapat menemukan istilah yang tepat untuk digunakan di situs web kamu dengan ratusan saran dari alat keyword hebat gratis ini. Metrik ubersuggest adalah volume keyword, persaingan, dan tren musiman. Tools ini dapat membantu kamu menentukan apakah Keyword layak untuk ditargetkan dan seberapa kompetitif keyword tersebut.

7. Keywordtool.io

Kalau kamu mengincar long tail keyword untuk SEO, keywordtool.io merupakan pilihan yang sangat tepat. Platform ini menyediakan cara untuk mencari rekomendasi keyword yang cukup panjang. Sudah jadi rahasia umum kalau untuk menaikkan trafik dari SEO, kamu perlu menargetkan long tail keyword.

Keyword macam ini punya tingkat persaingan yang lebih rendah dan memungkinkan kamu mendapatkan ranking tinggi di mesin pencarian. Baiknya lagi, keyword tool tak hanya menyediakan platform pencarian keyword untuk di google saja. Ia bahkan memiliki opsi riset keyword untuk tujuh medium lainnya. Mulai dari youtube, blog, amazon, ebay, playstore, instagram dan twitter. Sayangnya, untuk melihat data secara lengkap, kamu tetap perlu berlangganan keyword tool pro. Akan tetapi, kalau kebutuhan kamu masih dirasa sederhana, fitur gratis yang ditawarkan saja sudah lebih dari cukup.

Itulah 7 tools SEO yang bisa kamu gunakan. Jadi kamu tim yang mana? Tim berbayar atau gratis? Apapun pilihannya, masih bisa mengejar pesaing mu kok. Jangan lupa perbanyak konten ya DigiFriends!

Profesional pemasaran saat ini memiliki beragam alat SEO yang mereka miliki. Dengan begitu banyak pilihan, mungkin sulit untuk memilih alat yang tepat untuk tugas yang tepat. Dalam kursus ini, Sam Dey membahas hal-hal yang harus dimiliki untuk kit alat SEO Anda, termasuk Alat Webmaster Google, Wawasan Kecepatan Halaman, Spider SEO Screaming Frog, Perencana Kata Kunci, Data Terstruktur Google, SEMRush, MOz Opensite Explorer, Buzzstream, dan banyak lagi. Tidak hanya untuk para profesional, alat-alat ini dapat membantu siapa saja yang peduli dengan kinerja SEO mereka untuk mengukur kinerja situs mereka, melihat bagaimana persaingannya, dan membuat peningkatan yang terukur.

KLIK DISINI UNTUK INFO LEBIH LANJUT 

Tags :

bm

Admin

EO Outbound

Temukan Ilmu Program Pemasaran Digital KNP Dapatkan semua keterampilan pemasaran digital yang Anda butuhkan untuk mempercepat karier dan mengubah bisnis Anda.

  • Admin
  • Cimahi Mall
  • knp-production@gmail.com

Posting Komentar