Belajar Copywriting dan Content Marketing
Copywriting merupakan bagian dari creative advertising yang merupakan keterampilan dalam membuat naskah iklan dengan kata yang menggabungkan kerja kreatif, intelektual, dan seni agar maksud penjualan suatu produk bisa tersampaikan.
Hadirnya copywriting di bidang periklanan adalah angin segar. Dengan adanya copywriting, diharapkan bisa berhasil mengomunikasikan pesan kepada target pasar.
Copywriting dikatakan berhasil jika memenuhi beberapa kriteria sebagai berikut.
1. Mampu menarik perhatian klien
2. Mampu menarik minat klien
3. Mampu mempengaruhi kebutuhan dan keinginan klien
4. Bisa meyakinkan klien
5. Dapat memberikan pengaruh kepada klien untuk melakukan seperti pesan dalam iklan
Copywriting adalah teknik untuk menghasilkan tulisan (yang kini juga bisa ditambah selain tulisan) yang menarik minat pembaca. Copywriting ini sangat penting bagi dunia periklanan, termasuk di dalam dunia digital marketing. Ketika pembaca sudah tertarik, maka respon selanjutnya yang diharapkan adalah pembaca/ penonton/ pendengar tersebut membeli produk tersebut jika teknik tersebut digunakan untuk menjual produk. Secara sederhana, copywriting ini adalah penjual/ sales dalam bentuk yang tidak langsung.
Facebook masih menyandang status sebagai salah satu media sosial dengan pengguna terbesar, terutama di Indonesia. Oleh karena itu, Facebook adalah ladang bisnis yang menggiurkan bagi para pelaku internet marketing.
Pada awalnya, facebook berfungsi sebagai media sosial yang menghubungkan kamu dengan teman-teman. Kamu bisa memposting status, foto, dan sebagainya. Akan tetapi melihat perkembangannya, Facebook menjadi ladang market yang strategis. Facebook juga memberikan fasilitas fan page yang bisa kamu gunakan untuk memasarkan produkmu.
Pertanyaannya sekarang, bagaimana menjadikan facebook sebagai tempat berbisnis online yang efektif dan efisien?
Yang bertanggungjawab dalam pemenuhan unsur-unsur copywriting di atas adalah tim kreatif dari suatu agen periklanan. Akan tetapi, kamu bisa pula menjadi seorang copywriter untuk produk kamu sendiri. Untuk itu, kamu perlu mengetahui beberapa karakter dasar dari copywriting sebagai penentu keberhasilan dalam beriklan. Karakter-karakter tersebut di antaranya adalah sebagai berikut.
1. Pengulangan
Pengulangan merupakan rahasia berhasilnya sebuah iklan.
2. Konten iklan harus bersifat menjual
Meskipun tujuan iklan hanya sebatas pengingat, akan tetapi konten tetap harus bersifat menjual.
3. Mengefektifkan kata-kata
Pesan iklan harus memanfaatkan kata-kata secara maksimal. Pergunakan kalimat pendek tapi mengena.
4. Mudah dipahami
Kata-kata yang digunakan mesti mudah dipahami pembaca.
Cara Menggunakan Open Ai untuk Membuat Copywriting, Caption, Kalimat Promosi, Ide Konten, dll.
Teknik Copywriting Facebook
Untuk mendulang sukses di Facebook, kamu perlu menerapkan prinsip copywriting. Berikut ini adalah teknik copywriting facebook yang bisa kamu terapkan saat berjualan di Facebook.
1. Berikan Sugesti
Buatlah pernyataan yang secara tidak langsung disetujui atau diiyakan oleh pembaca. Pastikan bahwa jawaban dari pembaca secara umum adalah “ya”. Jika sugesti sudah berhasil ditanamkan, maka kamu tinggal melakukan langkah lanjutan berisi pesan utama yang akan kamu jual.
Jika kamu mengalami kesulitan membuat kalimat, kamu bisa membuat pertanyaan dengan awalan kalimat semacam ini, “Tidakkah kamu ingin…?”, “Apakah kamu bisa…?”, dan seterusnya.
2. Fokus pada Manfaat
Ini adalah salah satu prinsip copywriting yang tidak boleh dilupakan. Beberapa orang mungkin terlalu mementingkan spesifikasi produknya sehingga tidak mempedulikan hal ini. Kemukakanlah manfaat dari produkmu.
Kadang orang tidak mengerti apa manfaat dari produkmu jika kamu hanya menuliskan spesifikasinya.
Sebagai contoh kalimat berikut ini.
“Dapatkan layanan internet dengan kecepatan hingga 50 mbps.”
Sekilas hal tersebut tampak biasa saja dan lumrah. Akan tetapi untuk kalimat iklan, hal tersebut kurang tepat sasaran. Kadang orang tidak bisa mengerti apa manfaat dari kecepatan internet 50 mbps dibandingkan dengan 20 Mbps.
3. Double Binding
Apakah yang dimaksud dengan double binding?
Double binding adalah memberikan penawaran semu. Seolah-olah kamu memberikan pilihan, padahal kamu membuat hanya ada satu jawaban yang diiyakan oleh pembaca. Misalnya, “Sebaiknya, rahasia ini diberikan sekarang atau nanti saja?”
Cara ini memang tidak selalu berhasil, tetapi terbukti efektif.
4. Ciptakan Urgensi
Ciptakanlah urgensi saat menawarkan produk. Misalnya, dengan memberikan penawaran berbatas waktu atau pemberian bonus untuk 15 pembeli pertama. Atau berikan diskon untuk pembelian dalam jangka waktu tertentu. Dengan memberikan batas seperti ini, mereka akan tersugesti untuk segera membeli. Hal ini berbeda efeknya jika kamu tidak menciptakan urgensi dalam kalimatmu.
5. Jelaskan dengan Spesifik
Ketika membuat kalimat penawaran, buatlah kalimat yang spesifik. Orang lebih tertarik kepada hal yang spesifik dan terlihat pasti. Misalnya saja kalimat berikut ini.
“Kamu ingin kurus?”
Bedakan dengan, “Kamu ingin kurus dalam waktu satu bulan?”
6. Testimoni
Agar orang percaya dengan kamu, ada baiknya satu dua kali kamu memberikan testimoni dari pelangganmu. Pastikan testimoni tidak terkesan dibuat-buat. Sertakan pula biodata singkat dari pemberi testimoni. Untuk penjualan berbasis online yang rawan penipuan, kepercayaan adalah hal utama yang kamu pertaruhkan.
7. Tampilkan Visual Produk
Dikarenakan pembeli tidak bisa melihat barang secara langsung, foto atau gambar visual dari produkmu memiliki peranan yang sangat penting. Hal ini akan membantu calon konsumen untuk mendapatkan gambaran secara nyata.
8. Jangan Memaksa
Orang tidak suka jika dipaksa melakukan sesuatu. Kamu juga begitu bukan? Jangan gunakan kalimat yang terkesan memaksa calon pembeli. Gunakan kalimat yang membuat calon pembeli merasa nyaman dan tidak merasa dipaksa membeli. Buatlah kalimat yang bernuansa halus.
Manfaat Copywriting
Jika kamu mengerti tentang copywriting, maka kamu akan memperoleh beberapa manfaat untuk bisnis Facebookmu, diantaranya:
- Jika kamu mengerti akan copywriting, brandingmu akan naik juga. Hal ini karena kamu bisa menggambarkan nilai-nilai positif dari barang yang kamu jual. Citra yang baik ini akan menarik pihak konsumen sehingga menaikkan penjualan.
- Kamu sebagai copywriter dari produkmu sendiri mengetahui dan memahami apa yang diharapkan konsumen dari produk yang ditawarkan.
- Jika kamu mengetahui prinsip kerja seorang copywriter, kamu akan bisa membantu konsumen untuk memperoleh informasi tentang hal yang diperlukan. Misalnya tentang apa manfaat dari produk kamu dan kepada siapa mereka harus menghubungi jika menginginkan produk atau jasa yang ditawarkan.
- Kamu sebagai copywriter produk, kamu bisa menuliskan nilai lebih dari produkmu jika dibandingkan dengan produk yang lain.
- Dengan keahlian dalam menyusun kata, copywriter memiliki kemampuan untuk menarik serta membujuk konsumen untuk memakai barang atau jasa yang kamu tawarkan.
Itu tadi beberapa hal terkait copywriting yang bisa kamu terapkan untuk bisnis yang kamu jalankan di media sosial seperti Facebook. Dengan mengetahui kriteria, prinsip tentang copywriting, kamu bisa menggunakannya untuk kemajuan bisnis online atau internet marketingmu.
Belajar adalah kunci utama dari kelancaran berbagai hal. Untuk itu, jangan pernah malas untuk belajar tentang hal ini agar kamu bisa memiliki kemampuan seorang copywriter yang baik untuk produk kamu sendiri.
Tools Copywriting Versi Bahasa Indonesia
Mengutip dari Website, Ejaan.id merupakan laman penyuntingan online yang memanfaatkan teknoloIni contoh jika kita ingin membuat Copywriting untuk produk waist bag. Kamu juga bisa mendeskripsikan produk Kamu. Baik itu kelebihannya, komposisi, dan lain-lain.
Setelah selesai, Kamu bisa langsung tekan tombol Create dan akan muncul beberapa pilihan copywriting-nya seperti ini:gi. Berbasis ilmu linguistik dan sistem informasi, pengguna bahasa Indonesia dapat memperbaiki kesalahan penulisan bahasa Indonesia secara tersistem.
Tools ini bisa membantu Kamu untuk menulis Copy yang menggunakan bahasa baku dan terlihat lebih profesional.
Fitur yang diberikan tools ini pun cukup banyak, lho.
Oh iya, mungkin Kamu juga bertanya-tanya, “apa itu bahasa baku dan tidak baku?”
Singkatnya, kata baku adalah kata yang telah ditentukan dalam satu kaidah tertentu dan KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) menjadi acuannya.
Agar Kamu lebih mudah memahaminya, Kamu bisa simak contoh kata baku dan tidak baku ini, ya.
Sebenarnya tidak harus menggunakan kata baku juga. Tergantung target pasar Kamu siapa dan media menulisnya di mana.
Namun, jika Kamu ingin menggunakan bahasa baku, ejaan.id ini akan membantu Kamu untuk mengoreksinya. Coba Kamu simak contoh ini:
Kamu bisa menulis Copywriting Kamu di sini, lalu klik perbaiki ejaan. Setelah Kamu klik perbaiki ejaan, Tools ini akan memproses copywriting/tulisan yang Kamu buat dan mengoreksinya.
Setelah dikoreksi, Tools ini akan menunjukkan apa saja yang bisa Kamu perbaiki.
Nah, karena Copywriting saya tadi menggunakan kata-kata omset, tools ini langsung memperbaikinya. Menarik, ya?
Bahkan, Kamu bisa langsung menyalin ulang hasil ejaan yang sudah dibenarkan lho.
Yang jadi menarik lagi, saat artikel ini ditulis, tools copywriting ini bisa Kamu gunakan secara gratis.
Lektur.id
Jika Kamu seorang penulis atau seseorang yang sering mencari sinonim dari sebuah kata, tentu Kamu tidak asing dengan Tools yang satu ini.
Lektur.ID adalah situs web yang menyediakan mesin pencari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Tesaurus Bahasa Indonesia (antonim & sinonim), Kamus Bahasa Inggris Terjemahan Indonesia dan juga penulisan kata baku dan tidak baku.
Selain itu, alat ini juga menyediakan fitur pemeriksaan ejaan bahasa indonesia. Kamu bisa mengakses fitur yang tersedia melalui kotak pencarian atau melalui menu.
Nah, agar Copywriting Kamu bisa lebih variatif, Kamu wajib menguasai dan menggunakan kata-kata yang variatif juga.
Jadi, saat Kamu ingin menulis, “bajunya bagus”, Kamu bisa mencari berbagai macam sinonim dari bagus. Agar Copywriting Kamu bisa lebih unik dan menarik.
Tidak hanya antonim dan sinonim saja, tools ini juga bisa memperbaiki tulisan yang typo.
Contohnya seperti ini:
Lektur.id
Menariknya lagi, saat artikel ini ditulis, Kamu bisa menggunakan Tools Copywriting ini secara gratis.
RimaKata
Copywriting yang Kamu tulis sudah menggunakan rima?
Rima atau pengulangan bunyi ini persuasif lho. Berdasarkan sebuah studi yang berjudul Rhyme as Reason in Commercial and Social Advertising, tulisan yang menggunakan rima itu:
- Lebih kuat.
- Lebih mudah diingat.
- Lebih disukai.
- Lebih orisinal.
- Lebih persuasif.
- Dan lebih cocok digunakan untuk kampanye pemasaran.
Beberapa contoh rima yang sering digunakan:
- Harga kaki lima, rasa bintang lima.
- Laris manis.
- Yuk, buruan sebelum kehabisan.
Walaupun rima ini sering dipakai untuk puisi dan pantun, tapi tidak ada salahnya jika Kamu menggunakannya untuk Copywriting, kok.
Dengan menggunakan Tools Rimakata ini, Kamu bisa mencari dan melihat jenis-jenis Rima, lho. Berikut contohnya:
Tools untuk Menulis Copywriting versi Bahasa Inggris
Nah, jika Tools copywriting yang tadi versi Bahasa Indonesia, ada beberapa tools copywriting rekomendasi yang menggunakan Bahasa Inggris.
Walaupun Tools copywriting ini versi Bahasa Inggris, tools ini juga banyak digunakan di Indonesia dan bisa Kamu pakai juga, kok.
Grammarly
Aplikasi web yang dapat mengecek grammar dan konteks tulisan dalam Bahasa Inggris ini dikembangkan oleh Alex Scevchenko dan Max Lytvyn pada 2008.
Jika dilihat-lihat, Grammarly ini kurang lebih mirip dengan Ejaan.id tapi yang versi Bahasa Inggris.
Betul. Grammarly bisa membantu mengoreksi Grammar Checker, Proofreading, dan Plagiarism.
Copy.ai
Jika Kamu sedang mencari tools untuk membuat Copywriting, Copy.AI bisa jadi salah satu pilihan buat Kamu.
AI sendiri singkatan dari Artifical Intelligence. Ilmu dan rekayasa pembuatan mesin cerdas, melibatkan mekanisme untuk menjalankan suatu tugas menggunakan komputer.
Walaupun tools ini menggunakan Bahasa Inggris, cara menggunakannya pun cukup mudah. Kamu tinggal login ke Copy.ai dan bisa mencoba secara gratis.
Setelah Kamu selesai daftar, Kamu bisa memilih beberapa jenis Copywriting yang Kamu butuhkan.
Namun, perlu diingat, pastikan Copywriting yang ingin Kamu gunakan sesuai dengan buyer persona Kamu, ya.
Selain itu, yang perlu diperhatikan adalah Bahasa yang mereka gunakan. Karena Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia adalah dua hal yang berbeda.
Swiped.co
Jika Kamu sering kehabisan ide saat menulis Copy, salah satu cara untuk mengatasinya adalah mencari beberapa referensi.
Tools swiped.co ini adalah kumpulan iklan-iklan yang sudah terbukti menghasilkan.
>>> Anda bisa membuat tulisan selevel pakar Dengan mengunakan ChatGPT
>>> 8 Alat Penulisan Ulang Gratis Terbaik Untuk Membuat Konten Berkualitas Tinggi
Apa Keuntungan Menggunakan Content Marketing >>> Lanjut
Tags : artikel belajar Belajar Copywriting dan Content Marketing data digital marketing
Admin
EO Outbound
Temukan Ilmu Program Pemasaran Digital KNP Dapatkan semua keterampilan pemasaran digital yang Anda butuhkan untuk mempercepat karier dan mengubah bisnis Anda.
- Admin
- Cimahi Mall
- knp-production@gmail.com
Posting Komentar